SDGS #4 PENDIDIKAN

Menuju Purna Tugas: Menginspirasi dengan Ilmu, Mengabdi dengan Hati

Yogyakarta, 5 November 2024 – Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi saksi pentingnya sebuah momen perpisahan yang penuh makna pada hari Selasa, 5 November 2024. Bertempat di Ruang Cine Club Gedung Suryamentaran, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mengadakan acara bedah buku dalam rangka purna tugas Prof. Sugirin, Ph.D., dan Bapak Drs. Suharso, M.Pd.

Nadia Shafiana Rahma Making Waves as a Language Ambassador for Yogyakarta

Nadia Shafiana Rahma, a student of the English Language Education Study Program (PBI) at Yogyakarta State University (UNY) from the Class of 2023, was selected as the Runner-Up for the Language Ambassador (Duta Bahasa) of the Special Region of Yogyakarta (DIY) in June 2024.

Suarakan Bahasa: Nadia Shafiana Rahma, Mahasiswi PBI yang Mengukir Prestasi sebagai Duta Bahasa DIY

Nadia Shafiana Rahma, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Angkatan 2023, telah terpilih sebagai Runner Up Duta Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada bulan Juni 2024 lalu. Gadis yang lahir di Jakarta pada tanggal 9 Januari 2004 dan merupakan alumnus MAN 1 Surakarta itu berhasil menunjukkan dedikasi luar biasa di dunia literasi dengan menerbitkan 21 buku, termasuk novel, kumpulan cerpen, puisi, dan komik.

UNY dan Kebumen Bersinergi Tingkatkan Kualitas Guru Bahasa Inggris, Sasar Pariwisata Internasional

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FBSB UNY turut memperkokoh kerja sama universitas dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun dunia usaha. Pada bulan Juni 2024, Prodi PBI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kebumen menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa workshop Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama.

English for Holidays 2024: Membawa Ide Sustainability di Program Liburan Berbahasa Inggris

Karangmalang-Yogyakarta. Gaya hidup ramah lingkungan adalah literasi hidup yang anak-anak bisa pelajari saat memanfaatkan masa liburan sekolah. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY membawa kesempatan terbaik ini di program tahunan unggulan UNY, “English for Holidays” (EFH). Sejak awal 2000-an, EFH menjadi program  mengisi liburan sekolah bagi siapapun, tidak terbatas untuk keluarga kampus. Bahkan, setiap liburan sekolah anak-anak di daerah Yogyakarta dan sekitarnya memiliki jadwal reguler mengikuti EFH.

Penyegaran dan Penyamaan Persepsi Penulisan Skripsi

Yogyakarta, 28 Februari 2024 - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar acara penyegaran dan diskusi khusus untuk para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Acara yang berlangsung pada tanggal 28 Februari 2024 ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memberikan penyegaran mengenai pembimbingan dan penulisan skripsi mahasiswa dengan menggunakan tiga pendekatan research design, yaitu kuantitatif, kualitatif, dan research and development (R and D).

Model Pembelajaran Membaca Berbasis Teman Sebaya: Membaca Strategis Kolaboratif untuk SMA

Disertasi berjudul Development of Peeragogy-Based Reading Instructional Model: Collaborative Strategic Reading for Senior High School Students berhasil menghantarkan Dr. Rozanah Katrina Herda, S.Pd., M.Pd. menyelesaikan studi S3 (2021-2023) di prodi Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta. Rozanah menyelesaikan studinya dalam kurun waktu dua tahun dua bulan dan mendapatkan IPK 3,95.

Pola Retoris Artikel Penelitian Mahasiswa Indonesia: Analisis Korpus dan Pengembangan Buku Panduan

Salah satu dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY, Dr. Anis Firdatul Rochma, M.Pd. telah menyelesaikan studi S3 pada program Ilmu Pendidikan Bahasa UNY (2019-2023) dengan mengangkat judul disertasi Rhetorical Patterns of Indonesian Students’ Research Articles: Corpus Analysis and Guidebook Development.

Anis berhasil meraih IPK 3,89. Selama masa studinya, ia banyak berkolaborasi dengan profesor dan dosen senior untuk berdiskusi dan mempertajam keilmuannya dalam bidang pengajaran bahasa. 

Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru Anak Usia Dini Responsif Budaya dalam Konteks Multikultural

Dr. Lusi Nurhayati, M.Appl.Ling (TESOL), berhasil menyelesaikan studi S3 di Universitas Negeri Yogyakarta (2019-2023) dengan IPK yang memuaskan, yakni 3,95. Disertasinya berjudul Developing a Culturally Responsive EYL Teacher Education Curriculum Development Model in a Multicultural Context: Participatory Action Research. Lusi memaparkan bahwa menempuh studi lanjut S3 kian meningkatkan esensi/filosofi ilmu pengetahuannya. Ia semakin mampu merefleksikan kelebihan diri sendiri dalam bidang ilmunya.

Workshop Pengembangan Soal Berbasis HOTs dan Teks Multimodal untuk Guru Bahasa Inggris SMA

Program Dosen Berkegiatan di Luar Kampus Prodi PBI FBS UNY telah menyelenggarakan kegiatan Workshop Luring berjudul "Pengembangan Soal Berbasis HOTS dan Teks Multimodal" untuk Guru Bahasa Inggris SMA khususnya di wilayah Bantul. Kegiatan workshop ini telah dilaksanakan pada tanggal 9,16, dan 23 Agustus 2022. Adapun workshop pertama yang dilaksanakan hari Selasa, 9 Agustus 2022 diisi oleh narasumber Ashadi, Ed.D. (Dosen PBI FBS UNY) yang memfasilitasi kegiatan workshop dengan fokus diskusi mengenai "Concepts and Applications of HOTS" yang diselenggarakan di SMA N 1 Sewon, Bantul. 

Pages