20th Annual CamTESOL Conference on English Language Teaching

Berita

berita baru

Pada tanggal 23-25 Februari 2024, Konferensi CamTESOL ke-20 diadakan di Institut Teknologi Kamboja (ITC), Phnom Penh, Kamboja. CamTESOL, yang dikenal sebagai organisasi profesional berprestasi, bekerjasama dengan IDP Education dan lembaga ELT lokal di Kamboja, didukung oleh Kementerian Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga. Sejak tahun 2005, mereka telah sukses menyelenggarakan konferensi internasional tahunan.

Di tengah-tengah acara yang bergengsi ini, CamTESOL mengundang perwakilan dari seluruh afiliasinya untuk berpartisipasi sebagai pembicara utama. Salah satu afiliasi penting mereka adalah TEFLIN, Asosiasi Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di Indonesia.

Dr. Ed. Dyah Setyowati Ciptaningrum, Dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY, mewakili TEFLIN dalam konferensi tersebut. Selain memperkenalkan TEFLIN kepada peserta, Dr. Dyah juga menyajikan makalah berjudul "Menanamkan Karakter dalam Materi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Generasi Z di Konteks Indonesia".

Dalam penelitiannya, Dr. Dyah melibatkan siswa dan guru dari berbagai SMA di Yogyakarta. Dengan mengambil pendekatan berbasis proyek, ia berhasil mengembangkan materi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konten, keterampilan, dan karakter bahasa Inggris bagi Generasi Z di Yogyakarta.

Hasil evaluasi dari materi yang dikembangkannya menunjukkan kesesuaian yang tinggi untuk digunakan oleh generasi muda saat ini. Kehadiran Dr. Dyah dan presentasinya di konferensi CamTESOL ke-20 memberikan gambaran bahwa adaptasi materi pengajaran bahasa Inggris dengan metode yang tepat dapat sangat mendukung proses pembelajaran di era digital saat ini.