HASIL PEMBELAJARAN PROGRAM

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menetapkan 15 Hasil Pembelajaran Program atau Program Learning Outcome (PLO) yang diklasifikasikan menjadi 4 bidang:

Sikap

Aspek sikap mengacu pada sikap yang layak dan berbudaya dalam bentuk nilai dan norma yang ditunjukkan dalam kehidupan spiritual, pribadi, dan sosial mahasiswa. Aspek-aspek tersebut dicapai melalui pembelajaran, pengalaman kerja, penelitian, dan/atau pengabdian masyarakat terkait di lapangan. Aspek sikap meliputi:

  • (PLO 1) menunjukkan nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, kemanusiaan, toleransi, moralitas dan perilaku
  • (PLO 2) menerapkan prinsip etika kerja yang meliputi tanggung jawab, kemandirian, kedisiplinan, kewirausahaan, dan kerjasama tim

 

Pengetahuan

Aspek pengetahuan, atau dikenal sebagai aspek kognitif, mengacu pada penguasaan konsep, teori, metode, dan / atau filosofi yang mendasari dalam suatu bidang tertentu. Pengetahuan diperoleh secara sistematis melalui kegiatan penalaran dalam pembelajaran, pengalaman kerja, penelitian, dan / atau pengabdian masyarakat terkait di lapangan. Aspek pengetahuan meliputi:

  • (PLO 3) menerapkan teori pembelajaran bahasa Inggris yang meliputi perancangan, pelaksanaan, penilaian, pengembangan bahan ajar, dan program pembelajaran Bahasa Inggris
  • (PLO 4) menerapkan teori penerjemahan teks lisan dan tulis Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
  • (PLO 5) menerapkan teori dan metodologi penelitian bidang Bahasa Inggris dan pembe­la­jar­an Bahasa Inggris
  • (PLO 6) menerapkan teori penyediaan layanan Bahasa Inggris untuk keperluan khusus

 

Keterampilan Umum

Setiap lulusan harus memiliki keterampilan umum yang sesuai dengan jenjang program dan jenis pendidikan tingginya agar semua lulusan memiliki kemampuan yang setara. Keterampilan umum yang harus dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY antara lain:

  • (PLO 7) mampu  menerapkan  pemikiran   logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam  konteks pengembangan  ilmu  pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi informasi
  • (PLO 8) applying effective and efficient communicative competence in social interpersonal, professional as well as academic contexts
  • (PLO 9) maintaining and developing cooperation networks at the national, regional and international levels, and
  • (PLO 10) mengembangkan kebiasaan belajar mandiri dan seumur hidup untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

 

Keterampilan Khusus

Setiap lulusan harus memiliki keahlian khusus yang relevan dengan disiplin ilmu akademik program studi. Keterampilan khusus yang harus dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNY antara lain:

  • (PLO 11) merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran bahasa Inggris
  • (PLO 12) menganalisis dan memecahkan masalah dalam bahasa Inggris dan pengajarannya berdasarkan prinsip, prosedur, dan etika ilmiah
  • (PLO 13) merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan ajar dan program pembelajaran bahasa Inggris
  • (PLO 14) merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi alat penilaian serta menganalisis dan melaporkan hasil penilaian penguasaan bahasa Inggris
  • (PLO 15) menerjemahkan dan menafsirkan berbagai teks tertulis dan lisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.