- Bahasa Indonesia
- English
You are here
Penerapan Scaffolding pada Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Genre/Teks untuk Guru SMP-SMA di D.I. Yogyakarta
Submitted by admin on Thu, 2024-10-10 15:08Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan Bahasa Inggris di D.I. Yogyakarta, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan Pelatihan Penerapan Scaffolding pada Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Genre/Teks bagi guru-guru SMP dan SMA. Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) dosen dari Pendidikan Bahasa Inggris yakni Prof. Anita Triastuti,Ph.D., Dyah Setyowati Ciptaningrum, Ed.D., Haryo Aji Pambudi, M.Hum., serta Dr. Cinthia Reswari.
Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep scaffolding, yaitu pemberian bantuan belajar secara bertahap dan sistematis agar siswa dapat mencapai kemandirian dalam memahami materi. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris berbasis genre atau teks, scaffolding berperan penting dalam membantu siswa menguasai berbagai jenis teks seperti narrative, descriptive, recount, procedure, dan explanation dengan cara yang terstruktur dan berkelanjutan.
Prof. Anita Triastuti menyampaikan bahwa pendekatan scaffolding dalam pembelajaran berbasis genre/teks memungkinkan guru untuk memberikan bimbingan yang efektif kepada siswa dalam setiap tahap pembelajaran. "Melalui pelatihan ini, kami berharap para guru mampu menerapkan strategi scaffolding secara optimal untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami struktur teks, kosakata, hingga keterampilan menulis dan berbicara," ujar Prof. Anita.
Selama pelatihan, para guru diajak untuk memahami bagaimana scaffolding dapat diterapkan mulai dari pembelajaran yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks, dengan bimbingan intensif di awal dan pengurangan bantuan seiring dengan meningkatnya pemahaman siswa. Dyah Setyowati Ciptaningrum, Ed.D., salah satu anggota tim pelatih, menambahkan, "Tujuan akhirnya adalah siswa dapat mandiri dan percaya diri dalam menyusun teks serta berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sesuai dengan jenis teks yang dipelajari."
Kontak Kami
Copyright © 2025,