Workshop Pengembangan Skenario Pembelajaran Membaca Berbasis Three Basic Psychological Needs bagi Guru Bahasa Inggris SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta

Pada hari Kamis, 31 Juli 2025, tiga dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FBSB UNY yaitu Prof. Basikin, S.Pd., M.Phil., M.Ed., Ph.D.; Annisa Nurul Ilmi, M.Pd.; dan Dr. Agatha Lisa, M.Hum. bersama tiga mahasiswa PBI jenjang S3 yang juga merupakan dosen PBI jenjang S1 yaitu Anna Stasya Prima Sari, S.Pd., M.Pd.; Annisa Nurul Firdausi, S.S., M.Hum.; dan Hertati Mukadimah, S.Pd., M.Pd. melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat melalui skema Penugasan Guru Besar. Kegiatan ini berupa pelatihan pengembangan skenario pembelajaran keterampilan membaca berbasis pemenuhan Three Basic Psychological Needs dan bertempat di Ruang Library, Independent Language Learning Centre (ILLC), Gedung Language Training Centre (LTC), Lantai 1, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh 46 perwakilan guru Bahasa Inggris SMP dari berbagai sekolah negeri dan swasta yang berasal dari lima wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunung Kidul. Acara dibuka oleh Hertati Mukadimah, S.Pd., M.Pd. selaku pembawa acara pada pukul 12.30 WIB. Pembukaan diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Workshop Pengabdian kepada Masyarakat ini berlangsung selama 32 jam pelajaran dan terbagi ke dalam empat kegiatan utama sebagai berikut:

  1. 4 JP pelatihan secara luring.
  2. 16 JP penugasan mandiri berupa skenario pembelajaran keterampilan membaca berbasis pemenuhan Three Basic Psychological Needs.
  3. 8 JP pelatihan berupa presentasi hasil rancangan secara daring dan pemberian umpan balik dari narasumber secara online.
  4. 4 JP revisi untuk rancangan dan finalisasi.

Kegiatan luring perdana yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2025 terdiri atas tiga sesi utama, yaitu:

  1. Sesi pertama berupa demonstrasi mengajar keterampilan membaca oleh Annisa Nurul Ilmi, M.Pd.
  2. Sesi kedua berupa pemaparan materi oleh Prof. Basikin, S.Pd., M.Phil., M.Ed., Ph.D., dengan topik Workshop on Developing Teaching Scenarios that Promote the Satisfaction of the Three Basic Psychological Needs.
  3. Sesi ketiga berupa praktik penyusunan rancangan pembelajaran berdasarkan template yang telah dirancang oleh Prof. Basikin, S.Pd., M.Phil., M.Ed., Ph.D. Kemudian dilanjutkan penjelasan teknis terkait upaya tindak lanjut dari pelatihan luring dan penugasan mandiri oleh Dr. Agatha Lisa, M.Hum.

Melalui pelatihan ini, para peserta tidak hanya memperoleh pemahaman teoritis mengenai kebutuhan psikologis dasar dalam pembelajaran, tetapi juga difasilitasi untuk merancang skenario pembelajaran yang aplikatif dan kontekstual, yang dapat diimplementasikan guna mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris.