Rapat Koordinasi Penyusunan RPS Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026

Pada hari Kamis, 7 Agustus 2025, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan rapat koordinasi penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting mulai pukul 12.00 hingga 13.00 WIB. Rapat ini diikuti oleh 55 dosen PBI, 20 dosen Sastra Inggris, dan 4 admin Departemen PBI. Rapat dipimpin oleh Ketua Departemen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Budaya (FBSB) UNY, Dr. Nunik Sugesti, S.Pd., M.Hum., yang juga menjabat sebagai Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk:

  1. Menyelaraskan pemahaman dosen mengenai kebijakan dan arah pembelajaran pada Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026.
  2. Menjamin kesesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang telah ditetapkan dalam dokumen kurikulum program studi PBI.
  3. Meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran melalui penyusunan RPS yang sistematis, kontekstual, dan berorientasi pada pembelajaran aktif, kolaboratif, dan berbasis proyek.
  4. Mengkoordinasikan pembagian mata kuliah dan penugasan dosen pengampu serta memastikan adanya sinergi antar-mata kuliah dalam satu semester.
  5. Memfasilitasi diskusi dan berbagi praktik baik antar-dosen terkait strategi pembelajaran, metode asesmen, serta pemanfaatan teknologi pembelajaran.
  6. Memastikan ketersediaan dan kesiapan dokumen RPS sebelum awal perkuliahan semester gasal sebagai bagian dari penjaminan mutu akademik.

Dalam sesi pemaparan, Dr. Nunik Sugesti menyampaikan materi mengenai kebijakan dan arah pembelajaran di Departemen PBI, yang mencakup:

  1. Perencanaan, pelaksanaan, dan proses pembelajaran
  2. Pentingnya keterkaitan antara RPS, CPMK, dan CPL
  3. Implikasi CPL dan CPMK terhadap penyusunan RPS
  4. Prinsip-prinsip penilaian pembelajaran.

Dr. Nunik menjelaskan pentingnya menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan mampu bersaing di era Industri dan Pendidikan 4.0. Untuk mencapai hal tersebut, strategi pembelajaran dan metode asesmen perlu dirancang secara interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital juga dioptimalkan guna mendukung proses pembelajaran yang berkelanjutan tanpa batasan ruang dan waktu. Pada sesi tanya jawab, salah satu dosen PBI, Ibu Yuyun Yulia, S.Pd., M.Pd., Ph.D., menyarankan agar dilakukan koordinasi awal untuk mengidentifikasi mata kuliah yang menggunakan proyek sebagai bentuk Ujian Akhir Semester (UAS). Dengan demikian, pengalokasian ruangan untuk UAS dapat disesuaikan dan lebih efisien.

Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan seluruh dosen memiliki pemahaman yang selaras mengenai arah kebijakan pembelajaran dan dapat menyusun RPS yang berkualitas serta relevan dengan kebutuhan zaman. Kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat kolaborasi antar-dosen dan meningkatkan kesiapan akademik Program Studi PBI UNY dalam menyambut perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2025/2026.