Pola Retoris Artikel Penelitian Mahasiswa Indonesia: Analisis Korpus dan Pengembangan Buku Panduan

Salah satu dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY, Dr. Anis Firdatul Rochma, M.Pd. telah menyelesaikan studi S3 pada program Ilmu Pendidikan Bahasa UNY (2019-2023) dengan mengangkat judul disertasi Rhetorical Patterns of Indonesian Students’ Research Articles: Corpus Analysis and Guidebook Development.

Anis berhasil meraih IPK 3,89. Selama masa studinya, ia banyak berkolaborasi dengan profesor dan dosen senior untuk berdiskusi dan mempertajam keilmuannya dalam bidang pengajaran bahasa. 

I want to practice the rhetorical styles of academic writing with my students in Writing for Academic Purposes course” tutur Anis. 

Sebagai salah satu tips, ia menyarakan agar mahasiswa program doktor tidak mudah menyerah dan senantiasa fokus menulis. Keinginan Anis untuk melatih mahasiswa dalam menulis akademik menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Dengan memberikan pelatihan yang tepat, Anis membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam studi lanjut dan karier mereka.