Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Kompetensi Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris


  1. Kompetensi Pedagogik adalah pemahaman tentang berbagai pendekatan dan ketrampilan menggunakan berbagai teknik pembelajaran bahasa, pemahaman terhadap peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, kemampuan mengelola pembelajaran bahasa inggris yang meliputi kemampuan melakukan analisis kebutuhan belajar peserta didik, merencanakan, merancang dan melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang efektif dan efisien, dan ketrampilan memotivasi peserta didik  untuk belajar.
  2. Kompetensi Kepribadian yaitu kemampuan mengatur diri dengan baik, menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, memenuhi komitmen, dapat dipercaya,  bertanggung jawab, adaptif, inovatif, berfikir kritis, selalu ingin tahu, belajar terus untuk mengembangkan profesinya, dan menjaga standar moral dan menjadi teladan akhlak mulia bagi peserta didik.
  3. Kompetensi Akademik(Profesional) yaitu pemahaman tentang sistem bahasa inggris(fonologi, grammar, wacana) pemahaman tentang prinsip-prinsip belajar dan mengajar, kemahiran menggunakan bahsa inggris untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis, pemahaman tentang penelitian kelas, pemahaman tentang kaitan bahasa dan budaya, ketrampilan, dan sikap positif terhadap pengembangan profesional secara berkelanjutan.
  4. Kompetensi Sosial yaitu kesadaran tinggi terhadap perbedaan budaya dan kepekaan terhadap tradisi budaya peserta didik yang beragam, kemahiran berkomunikasi  dengan orang lain dan peserta didik yang ditandai dengan adanya semangat, kehangatan, hubungan batin, dan rasa humor yang tepat guna, penghargaan terhadap pendapat dan kemampuan peserta didik, kesabaran terhadap kelambanan belajar sekelompok peserta didik, kemahiran memberi tantangan kepeda peserta didik yang berkemampuan tinggi, kemampuan bekerjasama secara harmonis dan efektif dengan teman sejawat, dan kemampuan berbagi dan mengekplorasi pemikiran, gagasan, dan teknik dengan teman sejawat.